Layanan Online Sari Asih Rapid Test, SWAB, Konsultasi Online
Layanan Online Sari Asih Rapid Test, SWAB, Konsultasi Online

Ini Makanan Penjaga Imun Tubuh saat Musim Pancaroba

04 Oct, 2024

SARIASIH.id - Selama musim pancaroba, beberapa penyakit cenderung lebih sering muncul karena perubahan cuaca yang ekstrem dan ketidakstabilan kondisi lingkungan. Hal nomor satu yang harus diwaspadai selama musim pancaroba adalah penurunan daya tahan tubuh, yang membuat tubuh lebih rentan terhadap berbagai infeksi virus dan penyakit menular, seperti flu dan infeksi saluran pernapasan atas (ISPA). 

Untuk menjaga daya tahan tubuh agar tetap optimal, terutama selama musim pancaroba atau ketika risiko penyakit meningkat, mengonsumsi makanan yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh sangat penting.

Baca Juga : Musim Pancaroba? Waspadai Dampaknya terhadap Kesehatan

Berikut saran Ahli Gizi RS Sari Asih Sangiang, Ririn Caroline, AMG, untuk makanan yang kaya nutrisi yang meningkatkan sistem imun: 

Buah-buahan yang Kaya Vitamin C 

  • Contoh: Jeruk, lemon, kiwi, stroberi, pepaya, jambu biji.
  • Manfaat: Vitamin C adalah antioksidan yang kuat yang membantu meningkatkan produksi sel darah putih, yang penting untuk melawan infeksi. 

Sayuran Hijau 

  • Contoh: Bayam, kale, brokoli, sawi.
  • Manfaat: Sayuran hijau mengandung vitamin C, vitamin A, dan antioksidan lain yang membantu melindungi tubuh dari radikal bebas. 

Jahe 

  • Manfaat: Jahe memiliki sifat anti-inflamasi dan antioksidan yang dapat membantu mengurangi peradangan dan mendukung sistem imun. 

Bawang Putih 

  • Manfaat: Bawang putih mengandung allicin, senyawa sulfur yang meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan memiliki sifat antimikroba. Bawang putih juga dapat membantu mencegah dan mengurangi keparahan flu serta infeksi lainnya. 

Kunyit 

  • Manfaat: Kunyit mengandung kurkumin, yang bersifat anti-inflamasi dan antioksidan. Kunyit membantu meningkatkan respons kekebalan tubuh dan dapat melawan infeksi bakteri dan virus. 

Ikan Tinggi Omega 3 

  • Contoh: Ikan kembung, Salmon, tuna, makarelv
  • Manfaat: Ikan kaya akan asam lemak omega-3 yang memiliki sifat anti-inflamasi dan membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh. 

Teh Hijau 

  • Manfaat: Teh hijau mengandung flavonoid dan epigallocatechin gallate (EGCG), antioksidan yang kuat yang mendukung fungsi kekebalan tubuh. 

Telur

  • Manfaat: Telur adalah sumber protein berkualitas tinggi serta mengandung vitamin D, yang mendukung respons kekebalan tubuh. Kadar vitamin D yang cukup penting untuk mencegah infeksi.
Bagikan :

Jadwal Poliklinik
dr. Wahyu Sigit Purnomo , Sp.THT-KL
dr. Wahyu Sigit Purnomo , Sp.THT-KL
THT
dr. Ahmad Mekkah H. , Sp.PD, M.Sc, M.Kes
dr. Ahmad Mekkah H. , Sp.PD, M.Sc, M.Kes
Penyakit Dalam
dr. Usyinara , Sp.P
dr. Usyinara , Sp.P
Paru
dr. Cut Arsy Rahmi , Sp.JP
dr. Cut Arsy Rahmi , Sp.JP
Jantung
dr. Marhaeni. S Hj, Sp. THT, Msi Med
dr. Marhaeni. S Hj, Sp. THT, Msi Med
THT
Layanan Online
Layanan Online
Konsultasikan Dengan Dokter
Coming Soon
Ok