Layanan Online Sari Asih Rapid Test, SWAB, Konsultasi Online
Layanan Online Sari Asih Rapid Test, SWAB, Konsultasi Online

Ini Solusi Kesehatan Selama Musim Pancaroba

03 Oct, 2024

SARIASIH.id - Mengingat potensi penyakit yang mengintai di musim pancaroba, Dokter RS Sari Asih Karawaci (RS Sari Asih Group), dr Fadli Ambara, MARS, memberikan beberapa langkah pencegahan yang bisa dilakukan.

Jaga Sistem Kekebalan Tubuh

    • Konsumsi makanan bergizi yang kaya akan vitamin, mineral, dan antioksidan untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Perbanyak sayuran hijau, buah-buahan (seperti jeruk dan pepaya), serta protein sehat seperti ikan dan kacang-kacangan.
    • Minum air putih minimal 8 gelas sehari untuk menjaga hidrasi dan membantu tubuh melawan infeksi.
    • Istirahat yang cukup: Tidur yang cukup (7-8 jam per malam) penting untuk menjaga imunitas tubuh tetap optimal.

Menjaga Kebersihan Diri

    • Cuci tangan secara teratur: Kebiasaan mencuci tangan dengan sabun, terutama sebelum makan dan setelah keluar dari toilet, sangat penting untuk mencegah penyebaran bakteri dan virus.
    • Gunakan masker: Jika sering berada di luar rumah atau di lingkungan berdebu dan berpolusi, menggunakan masker bisa membantu melindungi dari debu, polutan, dan alergen.

Lakukan Kebersihan Lingkungan

    • Hindari genangan air: Bersihkan area di sekitar rumah untuk mencegah genangan air yang bisa menjadi tempat berkembang biaknya nyamuk penyebab demam berdarah.
    • Buang sampah dengan benar: Jaga kebersihan lingkungan dengan membuang sampah pada tempatnya dan menjaga area tempat tinggal tetap bersih dari kotoran yang bisa memicu penyakit.

Hindari Kontak dengan Penyebab Alergi

    • Jika memiliki riwayat alergi atau asma, hindari paparan debu, serbuk sari, dan polutan yang bisa memicu serangan. Pastikan rumah tetap bersih dengan menyapu dan membersihkan permukaan debu secara rutin.
    • Gunakan humidifier jika udara di rumah terlalu kering atau pastikan ada ventilasi yang baik jika udara terlalu lembap.

Jaga Pola Hidup Aktif

    • Olahraga secara teratur untuk menjaga kebugaran dan meningkatkan imunitas tubuh. Aktivitas fisik membantu tubuh mengeluarkan racun dan menjaga sistem pernapasan tetap sehat. Cukup lakukan olahraga ringan seperti berjalan kaki, bersepeda, atau senam selama 30 menit sehari.

Vaksinasi dan Suplemen

    • Dapatkan vaksinasi flu jika diperlukan, terutama bagi mereka yang rentan terhadap infeksi saluran pernapasan. Vaksinasi bisa membantu mencegah flu dan komplikasinya selama musim pancaroba.
    • Konsumsi suplemen: Jika perlu, mengonsumsi suplemen vitamin C, vitamin D, atau probiotik bisa mendukung kesehatan dan meningkatkan daya tahan tubuh.

Mari jaga kesehatan di musim pancaroba ini bersama RS Sari Asih Karawaci (RS Sari Asih Group).

 

Bagikan :

Jadwal Poliklinik
dr. Uliandri Amrullah , SpKJ
dr. Uliandri Amrullah , SpKJ
Psikiatri
dr. Arief Abidin , Sp.OT
dr. Arief Abidin , Sp.OT
Ortopedi
dr. AS. Hariadi , Sp.S
dr. AS. Hariadi , Sp.S
Saraf
dr. Adjie Pratignyo, Sp.B
dr. Adjie Pratignyo, Sp.B
Bedah Umum
dr. H. Agung Budi Hartono, Sp.OG
dr. H. Agung Budi Hartono, Sp.OG
Kebidanan dan Kandungan
Layanan Online
Layanan Online
Konsultasikan Dengan Dokter
Coming Soon
Ok